Yuk, Cari Tahu Apa Saja Manfaat Omega 3 dan 6 untuk Bayi!

Jika disebutkan satu persatu, ada banyak sekali manfaat omega 3 dan 6 untuk bayi Anda. Dalam perkembangan otak anak, kedua nutrisi tersebut memegang fungsi penting yang tidak dapat digantikan oleh zat lainnya. Baik omega 3 maupun omega 6 akan menjadi anti penggumpalan darah atau anti-inflamasi yang sangat dibutuhkan pada fungsi sendi dan membantu aliran darah mengalir dengan lancar. Maka dari itu, pemberian kedua nutrisi ini seharusnya sudah dilakukan sejak si kecil masih dalam kandungan Anda ya, Bunda.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Boerhan Hidajat, dokter spesialis anak dari Universitas Airlangga, disebutkan bahwa tubuh bayi yang sedang berkembang membutuhkan sumber energi yang berasal dari omega (asam lemak esensial). Karena saat asam lemak esensial yang dibutuhkan oleh tubuh terpenuhi, maka pembentukan dinding sel neuron otak si kecil akan berjalan dengan normal.

Dengan Demikian, setiap sel otak anak dapat terkoneksi dengan normal dan membuat kemampuan pengorganisasiannya meningkat. Dalam jangka panjang, kedua kandungan nutrisi ini akan menampakkan perannya ketika si kecil mulai belajar. Otak akan lebih mudah mencerna informasi, memahami, mengingat, serta meningkatkan daya konsentrasinya. Maka dari itu, penuhi kebutuhan nutrisi omega 3 dan 6 pada si kecil sejak masih dalam kandungan.

Takaran Pemberian Omega 3 dan 6 Pada Bayi

Setelah mencerna informasi yang telah kami sampaikan di atas tentang manfaat omega 3 dan 6 untuk bayi, kini Anda mungkin mulai bertanya-tanya tentang takaran pemberian yang tepat untuk kedua nutrisi tersebut. Hal ini tidak boleh dilewatkan, terutama ketika si buah hati sudah menginjak usia 3 tahun, usia dimana otaknya akan sangat cepat berkembang. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Departemen Gizi IPB oleh Hardinsyah, disebutkan bahwa kebutuhan omega 3 dan 6 berbeda-beda tergantung ukuran tubuh, kegiatan, dan usia si kecil. Sehingga dapat disimpulkan, kebutuhan si kecil akan asam lemak akan semakin banyak jika energi yang dikeluarkannya ada dalam jumlah besar.

Itulah yang disebutkan oleh Hardinsyah dalam penelitiannya yang bertajuk “Kecukupan Energi, Protein, Lemak dan Karbohidrat”. Saat si kecil sudah berusia 3 tahun, tubuhnya akan membutuhkan omega 3 sebanyak 7 gr dan omega 6 0,7 gr dalam minuman dan makanan yang dikonsumsi. Kedua kandungan nutrisi tersebut juga dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan, terutama yang berbahan olahan ikan. Anda juga dapat memberikan omega 3 dan 6 dalam bentuk suplemen makanan agar lebih mudah dan praktis.

Jenis-jenis Makanan yang Mengandung Omega 3 dan 6

Anda bisa memperoleh asam omega 3 dari bahan makanan ikan laut seperti ikan kod, salmon, tuna dan lemuru. Atau juga dapat menemukannya pada minyak zaitun, minyak kedelai, minyak jagung, minyak kanola, serta minyak ikan yang paling banyak omega 3. Sedangkan untuk omega 6, biasanya terdapat pada minyak jagung, minyak zaitun, minyak kedelai serta nabati.

Temukan berbagai produk yang memiliki manfaat omega 3 dan 6 untuk bayi pada situs resmi Generasi Maju anaka SGM. Segera penuhi kebutuhan nutrisi si buah hati ya, Bunda.