Rekomendasi Menu Penunjang Sistem Imun Bagi Usia Lanjut

 Seiring dengan pertambahan usia seseorang, kinerja tubuh yang dimilikinya semakin berkurang. Pun demikian dengan kemampuan sistem imun yang bertugas menjaga sekaligus melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Inilah mengapa penerapan pola hidup sehat penting dilakukan.

Mulai dari mengkonsumsi makanan bergizi seimbang hingga mengoptimalkannya dengan boost optimum. Lantas, menu makanan seperti apa saja yang bisa menunjang sistem imun seorang lanjut usia?

Kelompok Makanan Penunjang Daya Tahan Lansia

Di bawah ini merupakan beberapa kelompok makanan untuk usia lanjut yang diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh mereka. Let’s get to the list!

1. Salmon dan Tuna

Baik salmon maupun tuna, keduanya mengandung vitamin D, sebuah asupan nutrisi yang sangat baik bagi imun tubuh lantaran mampu meningkatkan sistem imun. Kecukupan asupan vitamin D dipercaya mampu mengurangi resiko terserang penyakit autoimun seperti halnya multiple sclerosis dan/ atau diabetes melitus.

Tak hanya itu, jenis nutrisi ini juga diklaim ampuh tingkatkan modulasi respon imun bawaan dan imun adaptif. Artinya, sistem imun dapat bekerja lebih cepat dalam mengenali penyakit dan berusaha menyesuaikan kemampuannya guna melawannya.

2. Makanan Berserat

Ada baiknya seorang usia lanjut memenuhi kebutuhannya dengan makanan berserat, terutama yang berasal dari mangga, tomat, bayam, brokoli, dan kedelai. Sejumlah makanan tersebut akan memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh.

Berdasarkan penelitian dari British Journal of Nutrition, disebutkan adanya hubungan antara asupan vitamin E dengan kualitas hidup lansia serta proses imunitasnya. Apabila seseorang dalam kategori lansia berhasil memenuhi kebutuhan vitamin E nya, hampir bisa dipastikan status kesehatannya lengkap dengan sistem imun mereka berkembang relatif lebih kuat.

Sebagaimana diketahui, vitamin E memiliki sifat sebagai antioksidan yang baik untuk melawan radikal bebas serta memberikan respon mewakili tubuh atas timbulnya peradangan.

3. Vitamin B6, B12, dan Asam Folat

Ada pula rentetan vitamin B6, B12, dan asam folat yang tak kalah penting keberadaannya dalam memerangi bakteri atau virus penyebab penyakit. Asupan ini bisa diperoleh dari ampela, telur ayam, dan makanan olahan susu sapi.

Agar tidak membosankan, usahakan untuk memvariasikan kelompok makanan di atas sebagai menu harian bagi orang tua lanjut usia. Selain itu, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis terkait porsi seimbang yang bisa dikonsumsi.

Bila orang tua Anda masih saja mendapati kesulitan soal pola makannya, Anda bisa menggunakan suplemen sebagai pelengkap nutrisinya.

Sebut saja boost optimum yang menggawani produknya dengan kandungan protein whey sebesar 50%, dimana kandungan tersebut sangat efektif dalam mempertahankan masa otot lansia. Dalam setiap gelas susu merk ini, terkandung banyak serat pangan prebiotik dan probiotik yang sangat baik bagi kesehatan saluran cerna.