Permainan Edukatif Yang Dapat Dimainkan Bersama Untuk Anak Sekolah Dasar

Kegiatan apa yang identic dengan anak – anak? Tentu saja bermain. Kegiatan ini merupakan pusat dunia anak – anak dalam menjalani hari – hari mereka menjadi anak – anak. Kegiatan bermain mengisi aktivitas harian anak. Semakin anak tumbuh maka waktu bermain mereka semakin dipersempit dan menyisakan kegiatan beljar ataupun nongkrong. Sebab itu, memanfaatkan dunia bermain anak dalam membentuk kepribadian dan pola pikir anak merupakan hal yang penting.

Masa sekolah dasar merupakan masa peralihan dari anak – anak menjadi remaja. Dimana masa ini berlangsung selama 6 tahun kehidupan anak. Pola pikir anak dan juga kepribadian anak akan terbentuk serta cukup matang pada usia ini. Sebab itu, memberikan mainan edukatif dan mampu menunjang pola pikir anak menjadi opsi dalam mengembangkan pola pikir dan juga kepribadian anak.

Memberikan permainan untuk anak SD berbeda dengan permainan yang kerap dimainkan oleh anak TK. Anak SD cenderung banyak menghabiskan waktu mereka untuk bermain permainan untuk anak SD  seperti bermain bermain olah kata, tebak kata hingga permainan yang menggunakan kemampuan berpikir mereka. Ragam permainan yang diberikan kepada anak SD dapat sedikit lebih rumit dibandingkan dengan anak TK. Jiwa merawat mainan juga lebih tinggi anak SD.

Permainan untuk anak SD yang dilakukan beragam dan banyak macamnya. Anak SD biasanya melakukan ragam kegiatan yang menunjang pola pikir mereka. Dimana koordinasi alat gerak mereka, kemampuan mencerna informasi, hingga kemampuan untuk berpikir mereka lebih baik dari anak TK. Sehingga mereka menyukai permainan yang lebih menantang dan menyalurkan segala informasi yang mereka miliki tersebut.

Berikut merupakan saran permainan untuk anak SD yang dapat dimainkan bersama dan menunjang kemampuan berpikir mereka :

  1. Menyusun lego

Permainan lego dapat diberikan pada usia SD. Dimana anda dapat membiarkan anak anda Menyusun lego mereka menjadi action figure yang mereka sukai. Dengan bermain lego anak anda akan belajar kesabaran, problem solving dan imajinatif.

  1. Bermain rubik

Permainan ini dapat menjadi permainan untuk anak SD. Dimana anda dapat mengajarkan permainan rubik dan turunannya kepada anak anda di usia SD. Permainan ini akan mengasah kemampuan berpikir anak.

  1. Bermain puzzle

Kegiatan bermain puzzle bersama dapat menunjang kecerdasan anak dan juga bekerja sama. Permainan ini bersifat menyenangkan dan juga melatih kesabaran. Dalam satu permainan puzzle dapat dimainkan lebih dari dua orang.

  1. Permainan bersifat olahraga

Bukan rahasia jika permainan olahraga seperti basket, sepak bola, kasti dan sejenisnya merupakan permainan berkelompok yang edukatif. Selain mampu melatih gerak tubuh, permainan ini melatih kemampuan pembuatan strategi anak. Disamping itu, permainan ini juga akan mendukung kerja sama dan sosialisasi.