Konsep Creative Shared Value Nestlé Secara Umum

Apabila sebuah perusahaan ingin sukses dalam melakukan bisnis jangka panjang, maka perusahaan tersebut harus bisa menciptakan manfaat bukan hanya untuk pemegang saham atau pemilik perusahaan saja, melainkan juga bermanfaat untuk masyarakat. Inilah dasar dari prinsip Creating Shared Value atau menciptakan bersama yang juga sedang diterapkan oleh Nestlé. Artinya, untuk meraih kesuksesan jangka panjang, perusahaan harus menciptakan manfaat bagi masyarakat.

Strategi Creating Shared Value oleh Nestlé

Pada intinya, Creating Shared Value Nestlé berfokus pada tiga aspek, yaitu bidang gizi dan kesehatan, air dan lingkungan hidup, serta pembangunan pedesaan. Tiga aspek tersebut dinilai masih menjadi masalah yang cukup vital di masyarakat. Sebagai contoh, masih banyak masyarakat yang mengalami kekurangan gizi, kesulitan mendapatkan air bersih, dan petani lokal yang tidak mendapatkan penghasilan yang layak.

  1. Di bidang gizi dan kesehatan

Di bidang gizi dan kesehatan, Nestlé memiliki program Nestlé Healthy Kids yang berfokus untuk memastikan anak-anak mendapatkan gizi yang cukup untuk mencapai masa depan mereka. Target utama dari program ini adalah anak sekolah dasar karena kebiasaan mereka masih bisa diubah untuk meningkatkan kesadaran akan nutrisi yang baik dan guru juga diharapkan ikut berperan dalam program ini.

Program Nestlé Healthy Kids ini mempraktikkan kebiasaan makan dan aktivitas yang baik agar mereka bisa tetap sehat dengan cara penyampaian yang menarik. Nestlé melakukan kampanye hidup sehat di sekolah-sekolah dasar, memberikan penjelasan tentang pilihan makanan sehat, dan juga menyediakan buku panduan praktis untuk anak-anak tentang hidup sehat.

  1. Di bidang air dan lingkungan hidup

Selanjutnya, di bidang air dan lingkungan hidup, Nestlé mencoba untuk mengurangi penggunaan air internal perusahaan, melakukan daur ulang air, dan juga sumbang surplus air yang menyasar petani sekitar. Dengan demikian, para petani akan terbantu dalam proses penggarapan sawah. Nestlé sudah bekerja sama dengan PMI untuk membantu sekitar 1.600 masyarakat di Desa Telagaluhur, Banten, untuk mendapatkan akses air bersih dan sehat.

  1. Di bidang pembangunan pedesaan

Terakhir adalah di bidang pembangunan pedesaan. Program ini telah dilakukan sejak tahun 1975, yakni bekerja sama dengan peternak susu di kawasan Jawa Timur untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Menggunakan metode direct procurement, susu segar yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang lebih baik. Sampai saat ini, Nestlé telah membeli lebih dari 600.000 liter susu setiap hari dari para peternak susu di kawasan Jawa Timur.

Tak hanya itu, Nestlé juga memberikan pengetahuan tentang limbah kotoran sapi yang bisa diubah menjadi biogas. Di sektor produksi kopi, Nestlé telah bekerja sama dengan para petani kopi di Lampung sejak 1994 dan terus melakukan bimbingan untuk menjaga mutu dan kualitas kopi yang dihasilkan.

Strategi yang dilakukan oleh Nestlé ini bisa dikatakan sangat berhasil. Hal ini dibuktikan dengan Nestlé yang semakin berkembang di tengah persaingan yang semakin ketat.