Kenali Penyebab Mata Bintitan dan Cara untuk Mengobatinya

Saat bintitan muncul di kelopak mata, sudah pasti Anda akan merasa tak nyaman. Walau benjolan yang muncul berukuran kecil, hanya sebesar biji jagung, namun rasa perih yang ditimbulkannya tetap terasa menyiksa. Perlu Anda tahu, munculnya bintitan bukan disebabkan karena kebiasaan mengintip. Berikut ini ulasan mengenai penyebab mata bintitan menurut medis dan cara untuk mengobatinya.

Bintitan Disebabkan oleh Infeksi Bakteri, Bukan karena Mengintip

Tak bisa dipungkiri, berdasarkan mitos yang berkembang di masyarakat, bintitan muncul karena penderitanya punya kebiasaan mengintip. Namun, hal ini tentu saja tak berlaku jika dalam dunia medis. Bintitan atau benjolan kecil yang biasanya muncul di bagian kelopak mata ini, dipicu oleh infeksi bakteri. Stafilokokus merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab munculnya bintitan.

Walau tergolong tak berbahaya, namun infeksi bakteri ini bisa memicu tersumbatnya kelenjar minyak di bagian kelopak mata. Alhasil, benjolan pun muncul, warnanya kemerahan, serta terasa sakit terutama saat disentuh. Benjolan kecil inilah yang dikenal dengan nama bintitan. Kebiasaan menyentuh mata dengan tangan yang kotor, merupakan salah satu penyebab mata bintitan.

Cara Tepat Menyembuhkan Mata yang Bintitan

Bintitan merupakan jenis penyakit yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, bagi Anda yang tak ingin tersiksa lebih lama dengan benjolan yang terasa perih ini, bisa melakukan beberapa cara pengobatan. Dengan begini, bintitan tersebut bisa sembuh lebih cepat. Anda bisa melakukan 3 cara berikut ini untuk menyembuhkan bintitan.

  1. Kompres Bintitan dengan Menggunakan Air Hangat

Agar benjolan yang muncul bisa segera mengempes, Anda dianjurkan untuk mengompresnya menggunakan air hangat. Cara ini terbilang praktis dan sangat mudah untuk dilakukan di rumah. Celupkan kain bersih pada air hangat, lalu usapkan di bagian mata tempat tumbuhnya bintitan. Kompreslah mata selama 15 menit dalam beberapa kali setiap harinya, hingga bintitan menghilang.

  1. Kompres Mata Menggunakan Kantung Teh

Selain menggunakan kain bersih yang telah direndam dengan air hangat, Anda juga bisa memanfaatkan kantung teh untuk mengompres mata bintitan. Rendamlah kantung the dalam air hangat, lalu kompreskan di bagian mata tempat munculnya bintitan. Teh hijau terutama sekali disarankan untuk digunakan, karena kandungan anti bakteri yang dimilikinya.

  1. Jangan Gunakan Make Up di Area Munculnya Bintitan

Saat Anda mengalami mata bintitan, tahan diri untuk tak menyapukan make up di area mata sekitar benjolannya tersebut. Jika Anda melapisinya dengan make up, maka kondisi benjolannya akan semakin buruk dan butuh lebih lama lagi untuk bisa sembuh. Selain itu, pastikan juga Anda mencuci bersih muka setelah menggunakan make up, agar jumlah bakteri tak makin bertambah.

Bakteri merupakan penyebab mata bintitan, kondisi di mana munculnya benjolan yang terasa perih di kelopak mata. Infeksi bakteri ini menyebabkan tersumbatnya kelenjar minyak tersebut, sehingga akhirnya muncul benjolan kecil. Anda tak perlu panik saat benjolan ini muncul. Anda bisa mengikuti 3 cara di atas untuk membasmi bintitan yang muncul di mata.