Jenis Sablon Untuk Cetak Kaos Terbaik dan Tahan Lama

Kaos semakin bagus bila diberi gambar atau kata-kata yang lucu. Untuk membuat gambar atau kata ini membutuhkan sablon. Sablon menjadi hal penting untuk semua kaos. Karena bisa mempengaruhi bagus atau tidaknya kaos tersebut. Saat cetak baju anda harus memilih teknik sablon berkualitas. Sehingga kaos anda bisa digunakan dalam waktu lama dan tidak mudah rusak. buat anda yang ingin memulai bisnis jual kaos atau membuat kaos diri sendiri. ketahui jenis sablon berikut ini.

Sablon Rubber

Sablon rubber memiliki tingkat lekatan yang bagus di kaos. Memiliki sifat yang elastis, sehingga tidak membuat bahan kaos kaku. Teknik sablon ini menjadi teknik sablon terbaik dan banyak digunakan. Tinta yang digunakan juga tidak begitu mahal, tapi hasilnya bagus.

Sablon Plastisol

Jenis sablon ini bisa membuat efek warna cerah di baju anda. Karena memiliki pilihan tinta yang bervariasi. Bahkan bisa disesuaikan dengan warna dasar bahan kaos anda. Sablon plastisol sudah menjadi standar internasional. Kekuranganya sablon ini tidak tahan panas. Bila di setrika dan dijemur terus menerus, akan membuat sablon cepat mengelupas. Jika ingin menyetrika, harus disetrika bagian dalamnya.

Sablon DTG

Sablon DTG menggunakan metode printing baju. Proses pembuatannya dengan menggunakan mesin printer. Seperti anda sedang mencetak kertas. Proses pembuatan sablon lebih cepat, karena tidak membutuhkan waktu lama. Biasanya penyedia jasa ini tidak memiliki minimum order. Pesan satu kaos pun akan dibuatkan oleh mereka. Hasilnya bagus dan memiliki pilihan warna bervariasi.

Sablon Flocking

Sablon flocking bisa memberikan efek bulu halus atau flock di permukaan kaos anda. Jika dipegang seperti bahan beludru. Proses pembuatan sablon ini tidak menggunakan tinta, tapi menggunakan bubuk perwarna. Proses pembuatannya cukup lama, tapi bisa membuat desain kaos semakin bagus. Banyak pemilik brand kaos ternama yang menggunakan teknik sablon ini.

Sablon Glow in The Dark

Sablon ini bisa menyala di tempat gelap. Sudah banyak orang yang menggunakannya, karena membuat desain kaos semakin keren. Bahan utama sablon ini dengan menggunakan fosfor. Termasuk jenis sablon terbaik karena proses pembuatannya rumit dan tingkat keawetannya bisa bertahan lama. Tidak mudah rusak walaupun sering dicuci.

Sablon Discharge

Sablon discharge awet dan unik digunakan. Teknik sablon ini bisa meresap dalam kain dan membuat warna benang berubah. Jika menggunakan sablon ini bisa membuat kualitas warna kaos menurun kecerahannya. Lebih bagus digunakan pada warna netral atau gelap. Kurang bagus digunakan pada kaos warna cerah.

Sablon High Density

Sablon high density merupakan gabungan antara sablon jenis plastisol dan sablon transparan. Proses pembuatannya dengan ditimpa, sehingga menghasilkan efek timbul pada kaos anda. Jenis sablon ini cukup awet digunakan. Tidak mudah mengelupas atau pecah-pecah.

Sablon Foil

Proses pembuatannya dengan menggunakan lapisan kertas logam atau foil. Jenis sablon ini bisa memberikan warna perak atau emas mengkilat pada kaos. Buat anda yang ingin warna emas atau perak pada kaos. Lebih baik menggunakan teknik sablon ini. untuk hasilnya cukup tahan lama, jika dirawat dengan benar.

Sablon Puff atau Foam

Jenis sablon ini bisa memberikan efek timbul pada kaos anda. Jika dipegang permukaan sablon lembut, seperti busa. Hasilnya semakin bagus digunakan pada kaos berbahan katun. Kekurangannya kaos ini tidak bisa disetrika, karena akan menempel pada setrika.

Selain teknik sablon diatas, masih banyak teknik sablon yang bisa anda gunakan. Printing baju menjadi salah satu teknik sablon yang paling popular.