5 Tips Irit Bujet untuk Usaha Minuman Dingin

Ada banyak jenis pilihan bisnis F&B yang memberi peluang keuntungan besar. Salah satunya adalah bisnis minuman dingin yang sudah pasti punya banyak peminat.  Sudah ada banyak cerita sukses pebisnis yang berhasil menjual ratusan gelas plastik minuman dingin dalam satu hari. Lalu bagaimana jika modal terbatas? Berikut 5 tips irit bujet untuk memulai usaha minuman dingin.

  • Pilih Franchise

Jika Anda tak punya modal dalam jumlah cukup besar, maka pilih saja jenis bisnis franchise. Saat ini ada banyak penawaran bisnis minuman franchise dengan harga yang terjangkau. Bisnis franchise memang dinilai sangat cocok untuk Anda yang ingin memulai usaha namun modal sangat terbatas.

Hanya saja perlu diketahui bahwa membeli bisnis franchise juga harus dilakukan secara hati-hati. Perhatikan betul jenis produk dan prospek keuntungan yang bisa didapatkan. Bandingkan juga beberapa pilihan bisnis franchise untuk menemukan mana yang terbaik.

  • Mulai dengan Skala Kecil

Jika memang ingin menghemat modal, maka mulailah dengan bisnis skala kecil. Jangan langsung memulai dalam skala besar yang tentu modalnya juga akan begitu banyak. Intinya, jumlah modal yang ada dimanfaatkan seoptimal mungkin paling tidak sampai bisnis bisa berjalan dulu.

Jika belum ada bujet untuk menyewa atau membeli tempat, maka mulai saja di tempat seadanya. Misalkan di rumah atau dimulai penjualan secara online. Ada banyak pilihan cara untuk memulai bisnis meskipun modalnya kecil. Usahakan saja bisnis bisa jalan dulu dengan modal yang seadanya.

  • Minimalkan Modal

Cara paling efektif untuk berhemat adalah dengan meminimalkan pengeluaran. Modal yang dimiliki sebaiknya dioptimalkan sebaik mungkin. Penting sekali untuk melakukan survei berkali-kali sebelum memulai bisnis. Ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan harga bahan baku yang paling terjangkau.

Dari segi kemasan, Anda juga perlu melakukan survei dan percobaan hingga bisa mendapatkan jenis kemasan paling ekonomis. Misalnya Anda ingin memakai kemasan gelas plastik. Maka temukan supplier yang menawarkan harga paling murah.

  • Buat Menu yang Sedikit

Jangan langsung memulai dengan pilihan menu yang banyak. Cobalah memulai dengan pilihan menu yang sedikit. Cukup satu atau dua menu minuman dulu. Jika dua jenis minuman ini bisa meraup keuntungan besar, baru dikembangkan. Selama rasanya enak, varian rasa yang terbatas tidak akan menghalangi Anda mendapat pelanggan.

  • Promosi Lewat Media Sosial

Dana promosi juga bisa dihemat dengan cara memanfaatkan media sosial. Lakukan promosi menggunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook. Ciptakan konten menarik yang bisa membuat banyak orang menaruh perhatian pada brand minuman yang Anda jual.

Itulah tadi 5 tips menghemat bujet untuk usaha minuman dingin. Meskipun hemat bujet, tapi Anda bisa meraup keuntungan besar jika strategi yang diterapkan tepat. Salah satu contohnya dengan melakukan brand placement. Gelas plastik yang Anda gunakan sebagai kemasan bisa menjadi media brand placement yang menguntungkan.